berbagai varietas kopi arabika di dunia

Mari bergabung dalam petualangan mengungkap rahasia varietas kopi Arabika yang menakjubkan dari seluruh dunia. Tulisan feature ini akan membawa Anda merasakan keunikan dan kenikmatan dari 15 varietas kopi yang tumbuh subur di berbagai belahan bumi.

Kopiografi.com – Setiap varietas memiliki karakteristik sendiri yang memikat hati para penikmat kopi. Dapatkan wawasan tentang rasa manis dengan sentuhan fruity dari Catuai, atau rasakan rasa sitrat yang intens dari biji kopi SL28 dan SL34 yang dikembangkan di Kenya. Tidak ketinggalan, temukan juga varietas Ethiopia Heirloom yang misterius, berasal dari hutan alami di Ethiopia.

Selain itu, kami juga mengungkap kisah dibalik kemunculan varietas-vatietas tersebut, seperti perjalanan Jember dari Jawa Timur hingga ke Ethiopia, serta akar sejarah dari Villa Sarchi yang tumbuh subur di Kosta Rika.

Kopi telah menjadi minuman yang tak tergantikan bagi banyak orang di seluruh dunia. Meski terlihat sama hitam dalam cangkir, namun tahukah Anda bahwa biji-biji kopi nikmat ini berasal dari berbagai varietas yang memiliki ciri dan cita rasa yang berbeda-beda? Mari kita simak beberapa varietas kopi Arabika yang menarik dari berbagai belahan dunia:

Bourbon

Varian ini memberikan cita rasa manis, kompleks, dan kehalusan yang menarik. Disebut sebagai “kopinya kopi,” Bourbon adalah tanaman kopi yang rapuh dan menghasilkan buah kopi dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan varietas lainnya. Biji kopi Bourbon menghadirkan kenikmatan subur dan klasik.

Catimor

Merupakan perpaduan dari kopi Robusta dengan keasaman rendah dan kadar pahit yang tinggi. Jika diproses dengan baik, Catimor menyajikan after taste herbal yang menarik, juga dengan sentuhan fruity pada after taste-nya.

Catuai

Seperti Catimor, Catuai juga mengandung unsur kopi Robusta. Varian ini memiliki tingkat keasaman yang rendah dan rasa pahit yang kuat. Catuai tumbuh di daerah Timor dan bagian Timur Indonesia, memberikan after taste dengan sentuhan fruity dan herbal.

Jember

Varian ini memiliki cita rasa sugar-browning dari karamel, sirup maple, dan gula merah. Tumbuh di Jawa Timur Indonesia dan menyebar hingga ke India dan Ethiopia.

Caturra

Jenis kopi ini ditandai dengan keasaman yang menyala dan tekstur medium. Pertama kali dikembangkan di Brazil, tetapi ditemukan di Kolombia, Kosta Rika, dan Nikaragua. Tanaman kopi Caturra relatif kecil dan tumbuh di wilayah Amerika Selatan.

Colombia

Jenis kopi ini juga dikenal dengan nama Variedad Colombia. Menawarkan rasa klasik karamel dan aroma cokelat dari bijinya yang manis, cerah, dan penuh tubuh. Varian ini banyak dijumpai di perkebunan yang tidak terlalu besar.

Gesha

Varian kopi ajaib yang kompleks dan misterius dengan black-tea body dan aroma zest bergamot. Gesha sangat pemilih dalam tumbuh dan menghasilkan sedikit buah kopi (cherry), menjadikannya varian eksklusif dan langka. Tumbuh di Amerika Tengah.

Pacamara

Varietas ini menawarkan profile rasa luar biasa dengan sentuhan manis, citrus, dan aroma bunga yang nikmat. Pacamara adalah varietas kopi unik yang menghasilkan after taste paling kompleks.

SL28 dan SL34

Varietas kopi yang dikembangkan oleh Scott Laboratories di Kenya. SL28 menawarkan rasa sitrat yang intens, manis, seimbang, dan kompleks, sementara SL34 unggul pada ketinggian medium hingga tinggi dengan karakteristik keasaman sitrat, moutfeel berat, bersih, dan manis di after taste.

Tekisic

Cabang dari varietas Bourbon, Tekisic menghasilkan rasa manis yang intens dengan keasaman berlapis dan moutfeel berat, lebih mengarah ke aroma karamel dan gula merah.

Typica

Varian kopi ini merupakan sesepuh dari semua varietas kopi. Arabika Typica telah dikembangkan selama berabad-abad dengan kualitas yang sangat baik. Menawarkan rasa manis yang luar biasa, kebersihan, dan tekstur yang sama baiknya.

Ethiopia Heirloom

Varietas misterius yang merupakan bagian dari varietas wildflower yang diturunkan dari hutan alami penuh kopi di bagian Barat Daya Ethiopia. Setiap desa di wilayah ini memiliki jenis-jenis kopi mereka sendiri yang terbentuk secara turun temurun oleh tanah, ketinggian, dan cuaca.

Villa Sarchi

Jenis kopi ini adalah mutasi dari Bourbon dengan acidity elegan, fruity tones yang intens, dan sweetness yang menakjubkan. Pertama kali ditemukan di Sarchi, Kosta Rika, dan menjadi pilihan utama bagi perkebunan organik.

Villalobos

Cabang dari keluarga Typica yang halus, floral, dan kadang-kadang memiliki rasa segar citrus. Varietas ini dibawa ke Indonesia pada akhir abad ke-17 oleh pedagang asal Belanda. Menawarkan nuansa dan acidity tinggi dengan cita rasa buah-buahan seperti aprikot, persik, dan plum.

Itulah beberapa varietas kopi Arabika yang menarik dari berbagai penjuru dunia. Setiap varian kopi ini menghadirkan keunikan dan kenikmatan tersendiri bagi para penikmat kopi. Jika Anda menemukan varietas kopi lain yang menarik, silakan tambahkan pada kolom komentar di bawah ini. Selamat menikmati keajaiban citra rasa kopi dari seluruh dunia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here